CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA MOTOR VESPA
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA MOTOR VESPA. Vespa adalah merek
sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan
induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai
saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor
skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia
yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang
diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar
fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur
diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena
mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern
sampai saat ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena
harganya yang relatif murah tetapi tetap berkualitas.
Bagaimana Pengapian pada
Vespa? Yu simak penjelasan terkait Pengapian pada Vespa. engapian pada Vespa
juga berdampak pada laju motor bahkan bisa-bisa motor gak bisa hidup lho, susah
starter motor, kendala pengapian biasanya berada pada stelan platina yang gak
bener, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti busi, koil, platina,
kondensor, spul pengapian ada yang sudah gak layak pakai atau mati.
Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, berikut ini
penjelasannya
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA |
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 2) |
Cara kedua Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Koil. Koil yang layak pakai kalau kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke mesin kira-kira 5-8 mm masih ada letupan api berwarna biru, kalau percikan atau letupan api tidak berwarana biru, tapi berwarna merah, ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, letupan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 3) |
Cara ketiga Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara
konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm menggunakan obeng min, perlu di ingat
bahwa penyetelannya jangan di ketok karena ini akan mepersingkat umur pakai
platina karena antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi
pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator.
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 4) |
Cara keempat Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa Periksa Kondensator.
Pemeriksaan kondensator amatlah mudah apabila terjadi letupan api di platina,
ini dikarenakan kondensator sudah tidak layak pakai, ganti kondensor atau ada
cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator
di double dengan ukuran kondensor yang sama yaitu 2 farad.
Cara kelima atau terakhir Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa dengan melakukan cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai
atau harus ganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul
lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila semuanya stabil maka wajib memeriksa
nap pur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet
patah atau tidak, lihat juga kondisi rotor, masih bagus atau tidak, ukuran nap
pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di
atas.
Demikian info Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, Semoga bermanfaat bagi vesva mania.
No comments:
Post a Comment