CARA MENGEMUDI MOBIL MANUAL DENGAN AMAN.
CARA MENGEMUDI MOBIL MANUAL DENGAN AMAN |
Anda
ingin belajar mengemudi ? berikut ini penjelasan tentang Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Aman. Namun sebelumnya
Anda harus mengetahui atau mengecek bahwa rem,
Kopling, (untuk mobil manual), atau
pun Area yang anda mau pakai bila semua sudah memenuhi syarat atau standar
keselamatan maka mulailah dengan sekarang.
Untuk
memahami ini Cara
Mengemudi Mobil Manual dengan
Aman sebaiknya Anda
pahami terlebih dahulu bagian kendaraan yang berhubungan dengan langsung dengan
praktek mengemudi, yakni:
1.Kenali posisi tongkat Prosneleng beserta urutan
giginya ( 1 2 3 4 5 R untuk
mundur)
2.Kenali putaran Stir full kekanan dan kekiri
3.Kenali posisi pedal Kopling tekan atau injak dan
lepaskan secara perlahan
4.Kenali posisi pedal Gas seberapa efek powernya
5.Kenali posisi pedal Rem seberapa tekanannya!
Berikut
ini Cara
Mengemudi Mobil Manual dengan
Aman. Perhatikan langkah-langkah
berikut ini agar Anda dapat mengemudi mobil manual dengan cepat dan aman.
Selain dapat mengemudi dengan aman mengikuti langkah-langkah di bawah ini juga
dapat menghindari kerusakan pada kendaraan Anda.
1.Sebelum menyalakan mesin mobil alangkah baikanya anda
mengoreksi kondisi tongkat prosnileng ( stik prosnileng ). posisikan pada
posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3 dan 4
untuk mengetahui lebih jelas di goyang ke kanan dan k ekiri serta ke depan dan
ke belakang. Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol, anda
sudah mencapai posisi aman dalam tahap awal
2.Untuk tahap berikutnya periksa kembali HANDREM atau rem
tangan yang berposisi di sebelah kiri tempat duduk sopir atau di tengah antar
posisi kursi sopir dan penumpang yang di sebelah kiri,namun bila type mobil
anda yang tahun agak tua maka posisi rem tangan tersebut berada di sebelah
depan di bawah kemudi sebelah kiri SETIR mobil anda pastikan terlepas dari
fungsinya turunkan tuasnya.
3.Bila posisi di atas sudah anda kuasai maka mulailah
dengan posisi duduk di belakang kemuadi dengan nyaman, senyaman mungkin, karena
posisi tempat duduk kita akan berpengaruh untuk kenyaman mengemudi kita baik
pada saat belajar ataupun bagi anda yang sudah bisa dalam mengemudi bersadarlah
ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan memajukan badan terlalu
kedepan dengan tujuan ingin melihat secara sepenuhnya untuk jangkauan pandangan
kedepan mobil, lakukan dengan seharusnya saja jangan paksakan pandangan kita,
majukan dulu bila jangkauan kaki kiri anda belum bisa menggapai pedal kompling
secara pas dan benar/secara full. Atau mundurkan bila kaki kiri atau
lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan pegangan tangan
kita di posisi stir. Karena akan berpengaruh sekali pada saat anda melakukan
putaran setir, tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok mobil kita sendiri
, akhirnya kita tidak bisa melakukan pemutaran setir dengan maksimal cepat dan
tepat pada saat kita memasuki tikungan atau menghidardari rintangan
4. Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada
posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik nol tersebut yaitu kita bisa
liat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi
setir kita akan berada di posisi titik nol pula, cara yang ke dua putarlah
posisi stir tersebut full kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu
kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan pastikan stir
tesebuat ada pada posisi T.
5. Kalau sudah siap semuanya instruksi di atas maka
mulailah anda menghidupkan posisi mesin kendaraan putar tuas kontak / kunci
mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu maka biasanya akan terlapas dulu dari
posisi kunci setir, putar lagi maka anda melihat di speedo miter mobil anda
beberapa lampu tanda yang akan menyala denga warna merah atau orange namun di
posisi tersebut kondisi mesin mobil belum bisa hidup, lalu putar lagi keposisi
kanan , maka secara sepontan anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda
dan akan mendengar suara mesin mobil anda . AWAS kami harap anda janga dulu
langsung menghidupkan Audio mobil anda,karena kita butuh kosentrasi yang tinggi
dalam tahap kita belajar mengemudi.
6. Langkah selanjutnya. Posisikan kaki kiri anda di
posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah kiri sendiri karena di bawah
ada 3 pedal . Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling saja
tidak bisa berpindah ke posisi pedal yang lain baik Rem maupun pedal gas hanya
satu tugas kopling dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menenkan pedal
GAS dengan lembut, bedakan dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan
anda harus tahu itu . Bila berada di posisi aman dan anda sudah bisa merasakan
semua kaki kanan harus mencoba untuk menekan posisi pedal Rem supaya mobil
anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak
datar / tidak rata
7. Terus tekan pedal Kopling dengan full dan tekan pedal
Rem secukupnya . Lalu masukan Posisi prosneleng keposisi kiri, atau anda
tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke arah depan bila
anda menginnginkan untuk melaju kedepan, namun bila anda menginginkan untuk
melakukan mudur maka tahan posisi tongkat prosneleng ka arah kanan sampai
mentok lalu anda tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak
khas dari posisi prosneleng atret ( krek)
8.Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling
maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai body Mobil karena itu akan sangat
membatu sekali . Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secaha perlahan sekali
rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan
perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengan
katan dari kaki kiri maka mulailah anda mengangkat sedikit demi sedikit kakik
kanan anda dari pedal Rem denga catatan semua tumit kaki harus tetap berada di
posisi lantai mobil
9.Bila mobil anda sudah molai bergerak jangan
terburu-buru untuk melakukan pelepasan akan semuanya baik pedal Kopling tahan
dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dulu stanby di posisi Rem,
sampai anda bisa merasa rileks dan sedikit tenang serta bisa sedikit menikmati
laju dari mobil tersebut.
10.Bila anda sudah mersakan sedikit ketenanngan dan bisa
mengemudikan mobil itu dengan rileks walaupun tanpa adanya GAS pada saat itu
lajukan mobil tersebut dengan pelan dan sedikit demi sedikit lepaskan pijakan
kaki kiri anda yang berada piosisi kopling angakat habis atau lepas habis
namun denga catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal kopling dengan
kondisi tumit sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada posisi pedal
kopling tersebut dan kaki kanan mulailah untuk berpindah pada posisi pedal gas …AWAS
pijakan kaki kanan di posisi Gas tidak boleh bertenaga atau anda harus menekan
, lakukan penyentuhan dengan lembut topangkan kaki kanan tersebut di atas pedal
gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya, maka hasilnya saya pastikan hasil dari
setuhan kaki kanan tersebut akan menimbulkan dengungan mesin yang halus,
sentuh sedikit demi sedikit. Tergantung anda menginginkan seberapa laju mobil
yang anda kemudikan.,namun tentunya cukup pelan saja
11.Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG langkah aman
lakukan pemutran stir dengan tenang dan jangan lupa tekan kopling di posisi
setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki kanan posisikanstandby di
posisi REM semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila menemukan sesuatu
yang dapat membuat anda kaget saat anda mendapat rintangan setelah masuk ke
posisi tikungan. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan
menginjak dua pedal yang sudah anda jaga, KOPLING DAN REM namun bila itu tidak
anda lakukan besar kemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi
tikungan tersebut dan yang pasti akan fatal. trik yang demikian yang sering di
lupakan sehingga sering kali menimbulakan kecelakaan di posisi menikung.
Demikian
info Cara
Mengemudi Mobil Manual dengan
Aman. Semoga bermanfaat, selamat
berkendaraan semoga aman dan selamat………….
No comments:
Post a Comment