CARA PESAN TIKET KERETA API SECARA ONLINE VIA KAI ACCESS
Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online |
Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via Kai Access. PT Kereta Api (KAI) Indonesia telah memiliki layanan online via aplikasi telepon pintar (smartphone), yakni KAI Access. KAI Access adalah satu-satunya aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT KAI Indonesia (Persero).
KAI Access diluncurkan untuk
memudahkan masyarakat menggunakan jasa transportasi massal tersebut di tengah
era digital seperti sekarang ini. Ibarat seseorang yang tengah berbenah diri
menjadi lebih baik, itulah yang sekarang sedang dilakukan oleh PT KAI.
Bagaimana Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online
Via Kai Access. Sebelumnya, kita harus datang ke stasiun hanya untuk
membeli atau memesan tiket untuk perjalanan yang dijadwalkan. Kini hal itu bisa
tergantikan dengan menggunakan KAI Access. Sekarang kita bisa Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via
Kai Access.
Banyak layanan yang bisa
kita pilih saat menggunakan KAI Access, yaitu memesan/membeli tiket, baik untuk
kereta api jarak jauh lokal, maupun kereta bandara, membatalkan tiket (cancel),
mengubah jadwal perjalanan (reschedule), bahkan kita pun bisa memesan makanan
dalam kereta via aplikasi ini.
Selain ragam layanan yang
ada, pilihan untuk proses pembayaran pun makin mudah, mulai dari lewat ATM,
mobile atau internet banking, gerai retail, dan kartu kredit.
Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via Kai Access |
Berikut ini adalah panduan Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via
Kai Access:
1. Cara registrasi atau buat
akun KAI Access
·
Download (unduh) aplikasi KAI Access via Play
Store pada HP Anda
·
Setelah proses download selesai, buka
aplikasi. Saat muncul tampilan halaman depan, klik More, lalu klik
Account.
·
Selanjutnya, pada halaman login, klik pilihan
Register, lalu masukkan nomor HP, password (kombinasi huruf dan angka), serta
lengkapi biodata Anda.
·
Lakukan verifikasi akun Anda dengan
memasukkan kode aktivasi yang dikirimkan lewat nomor HP yang dicantumkan.
·
Proses instalasi selesai. Sekarang Anda bisa
menggunakan beberapa layanan online dalam KAI Access.
2. Mengenal menu atau fitur
dalam KAI Access
·
Intercity Train. Ini merupakan layanan untuk
menggunakan jasa kereta api antarkota (jarak jauh), misalnya dari Bandung ke
Yogyakarta, Jakarta ke Solo, dan sebagainya.
·
Local Train. Ini merupakan layanan untuk
menggunakan jasa kereta api untuk jarak lokal
·
Airport Train. Ini merupakan layanan untuk
menggunakan jasa kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta.
·
Food on Train. Ini merupakan layanan untuk
memesan makanan atau minuman dalam kereta yang akan kita gunakan.
·
My Trips. Ini merupakan data riwayat perjalanan
dan tiket yang telah kita pesan. Akan ada keterangan "belum dibayar"
untuk tiket yang belum dibayar, "lunas", dan "selesai"
untuk perjalanan yang telah selesai.
·
Deals. Ini merupakan informasi berbagai
deals/diskon hasil kerja sama PT KAI dengan pihak ketiga.
·
More. Ini merupakan kumpulan berbagai menu
lainnya, seperti Account, Check Book/PayCode, Location, Remind Me, E-Magazine,
fitur Chat with Loko, Help, About, dan halaman kontak.
·
Home. Ini merupakan cara untuk kembali ke
awal (halaman depan).
3. Cara membeli atau memesan
tiket via KAI Access
·
Klik menu Intercity Train (kereta luar kota)
atau Local Train (kereta lokal) sesuai tujuan yang dimaksud.
·
Silakan isi bagian stasiun asal, stasiun
tujuan, tanggal keberangkatan, kelas kereta, dan jumlah tiket yang dipesan
(dewasa atau bayi), lalu klik cari tiket.
·
Setelah itu, akan ada pilihan jadwal kereta
yang sudah cukup detail, lengkap dengan jam keberangkatan, waktu tiba, kelas,
sub-kelas, harga tiket, dan jumlah tiket yang masih tersedia. Silakan pilih
mana jadwal yang dikehendaki.
·
Selanjutnya, akan muncul Konfirmasi Pemesanan
atau detail informasi jadwal kereta yang dipilih. Cek ulang lagi jadwal yang
sudah sesuai dengan pilihan, lalu centang sebagai tanda setuju mematuhi segala
persyaratan dan ketentuan reservasi. Lalu, tekan lanjut.
·
Isi data penumpang sesuai dengan identitas
yang berlaku dan jangan lupa identitas itu dibawa untuk ditunjukkan ke petugas
saat hari H pemberangkatan.
·
Pilih kursi. Pada bagian ini, kita bisa
mengganti kursi yang dipilih sistem sesuai dengan pilihan jika persediaan masih
ada.
·
Warna merah menandakan kursi sudah terisi,
sedangkan warna biru adalah kursi Anda saat ini. Untuk mengubah, klik dulu
warna biru di bangku Anda hingga berubah menjadi warna putih tanda bangku
kosong, lalu klik bangku yang diinginkan, kemudian simpan dan lanjut.
·
Selanjutnya, pilih metode pembayaran bisa
lewat ATM, mobile atau internet banking, gerai retail, dan kartu kredit.
·
Setelah memilih metode pembayaran, berikutnya
akan muncul bahwa pemesanan telah berhasil dan Anda akan mendapatkan kode
pembayaran. Kode pembayaran inilah yang akan Anda gunakan saat melakukan lewat
metode yang Anda pilih.
·
Jika bookingan tiket kereta sudah dibayar,
Anda akan mendapat kode booking. Anda bisa langsung menukarkan kode booking ini
dengan tiket fisik melalui mesin cetak tiket mandiri yang berada di
stasiun-stasiun besar, seperti Stasiun Gambir atau Stasiun Bandung dan di
daerah lainnya hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Tiket inilah yang nantinya
akan Anda gunakan saat akan memasuki kereta dengan menunjukkan kartu
identitas/KTP.
4. Cara membatalkan tiket
kereta yang sudah dipesan lewat KAI Acces
Tiket
yang dapat dibatalkan adalah tiket dengan status lunas atau paid (telah
dibayar).
·
Pada menu My Trips, pilih kode booking atau
kode pemesanan yang akan dibatalkan.
·
Pada menu E-Ticket, klik tombol pembatalan.
Pembatalan maksimal 24 jam atau H-1 sebelum waktu keberangkatan kereta.
·
Pilih nama penumpang yang tiketnya akan
dibatalkan, lalu centang kolom syarat dan ketentuan, kemudian klik lanjutkan
proses pembatalan.
·
Masukkan akun bank dengan benar untuk
pengembalian biaya, lalu klik lanjutkan proses pembatalan.
·
Pastikan nomor rekening dan nama pemohon
pembatalan sama dengan nama yang terdaftar pada buku rekening bank pemohon.
·
Lakukan konfirmasi pembatalan. Pada bagian
ini, akan muncul halaman konfirmasi sebagai review pembatalan tiket. Jika data
sudah benar, klik tombol konfirmasi dan lanjutkan.
·
Pastikan Anda yakin akan melakukan pembatalan
tiket dengan mengklik pilihan "Ya, saya yakin". Jika sudah yakin,
akan ada tulisan "Selamat, pembatalan tiket berhasil."
·
Untuk pembatalan tiket, Anda akan dikenankan
biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket awal. Pengembalian biaya
akan dilakukan dengan skema tranfer dengan jangka waktu 30 hari setelah
pembatalan tiket.
5. Cara mengganti jadwal
kereta api (reschedule) via KAI Access
·
Masuk ke menu "My Trips". Pilih
kode booking atau kode pemesanan yang akan diubah jadwalnya.
·
Setelah itu, pada menu "E-Ticket",
tekan tombol "Ubah Jadwal". Ini hanya akan ada jika kode pemesanan
berstatus lunas.
·
Pilih nama penumpang yang akan tiketnya akan
dilakukan perubahan jadwal. Kemudian, centang kolom syarat dan ketentuan, lalu
lanjutkan ke proses pengubahan jadwal kereta.
·
Di bagian menu "Pesan Tiket", Anda
bisa mencari tiket kereta yang sesuai dengan jadwal baru. Isi asal stasiun,
stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan kelas kereta yang dikehendaki, lalu
tekan "Cari Tiket". Lalu, akan muncul jadwal kereta.
·
Akan ada konfirmasi pemesanan sebagai review
pemesanan tiket yang baru, lalu centang kolom syarat dan ketentuan, kemudian
klik tombol lanjut.
·
Selanjutnya, konfirmasi pembayaran akan
muncul sebagai review biaya yang harus Anda bayar, lalu tekan tombol pembayaran
dan pilih metode pembayaran. Setelah itu, lanjutkan proses dengan mengklik
tombol bayar.
·
Berikutnya, akan muncul tanda sukses
pemesanan yang baru. Data perjalanan Anda yang baru bisa dilihat menu "My
Trips". Anda memiliki batas waktu pembayaran satu jam setelah pemesanan
tiket dilakukan.
Namun ada hal yang perlu
Anda ketahui, bahwa perubahan jadwal tiket dikenakan biaya administrasi sebesar
25 persen dari harga tiket yang diubah. Bila harga tiket jadwal KA yang baru
lebih tinggi, Anda harus membayar selisih tarif. Sebaliknya, jika jadwal baru
harga tiketnya lebih murah, tidak akan ada pengembalian biaya atas beda tarif
itu.
No comments:
Post a Comment